Portfolio Strategis 1: Marketing Plan
MEMBUAT MARKETING PLAN SEDERHANA
UNTUK BISNIS PERHIASAN
Marketing
Plan adalah bagian penting dalam semua bisnis termasuk bisnis perhiasan. Baik dalam
bisnis yang sudah berdiri tahunan atau baru dimulai, strategi pemasaran yang
jelas akan membantu anda memahami pelanggan dan pesaing anda, serta
merencanakan kegiatan promosi pada target penjualan anda. Sebagai tambahan,
memahami kunci pemasaran strategis juga akan membuat bisnis anda semakin efektif
dan efisien. Berikut beberapa tips sederhana dalam bisnis perhiasan.
MULAILAH DENGAN MENETAPKAN
BEBERAPA TUJUAN SEDERHANA
Tulis
dengan detil apa yang ingin dicapai bisnis anda tahun ini. Menaikkan penjualan
hingga 30% atau 500 subscriber email? Apapun targetnya pastikan itu spesifik
dan terukur. Ini juga bisa mengingatkan kita di masa mendatang apa saja yang
menjadi pencapaian anda.
KENALI PESAING ANDA
Salah
satu cara terbaik dalam strategi pemasaran adalah memantau pesaing anda.
Gunakan mesin pencari untuk menyelidiki pesaing local terdekat anda. Catat
sedetail mungkin semua kegiatan mereka. Apakah mereka punya mailing list? Bagaimana
eksistensi mereka di media social? Kunjungi toko mereka, bagaimana tempatnya? Apa
yang akan anda lakukan untuk membuat toko anda berbeda?
Kenali
poin unik anda yang membedakan anda dari pesaing. Kemudian tentukan harga
produk anda yang beralasan sebagai pembanding. Dengan menemukan ide pemasaran
yang berhasil dari pesaing anda terkadang anda akan menemukan ide yang cocok
untuk strategi pemasaran bisnis anda sendiri.
KENALI TARGET ANDA
Dalam
lingkungan yang paling anda inginkan, siapa yang anda harapkan untuk membeli
produk anda? Pelanggan biasa yang membeli produk anda? Gambarkan satu paragraf
saja pelanggan prospektif yang anda inginkan, gunakan kriteria demografis
seperti usia, jenis kelamin, keluarga, pendapatan, lokasi, dll. Ini yang
dinamakan klien persona.
Dengan
memahami pelanggan prospektif anda maka anda dapat:
• Fokus
pada produk yang akan menarik mereka
•
Menemukan mereka dan pasar ideal untuk memasarkannya
•
Mencoba ide baru sesegera mungkin untuk menarik mereka
Dengan
menulis secara pribadi melalui email atau website, anda dapat membayangkan
target anda lebih jelas. Penawaran pun akan terasa lebih dekat dan efektif.
STRATEGI MARKETING – ONLINE
Pertanyaan
pertama pada bisnis online anda adalah, dimana anda akan mendapat pelanggan
yang sudah anda identifikasi. Langkah selanjutnya adalah menyusun rencana
promosi yang akan membantu anda mencapai target yang telah ditetapkan. Pilih
bahasa iklan yang mampu mewakili karakter bisnis anda agar sampai kepada calon
pembeli yang berpotensi membelinya.
Yang
termudah adalah membuat website baru atau memperbaikiyang sudah ada, atau
gunakan channel ke komunitas seperti Etsy. Selalu ikutin perkembangan platform
media social terbaru atau belajar kemampuan baru yang selama ini anda anggap
sulit. Apakah sekarang adalah saatnya anda membuat mailist atau blog agar tetap
eksis di benak pelanggan? Atau saatnya mengoptimalkan promosi video?
Apapun
yang anda pilih, jangan coba semuanya sekaligus. Strategi marketing online yang
berhasil adalah yang sederhana, menyenangkan, namun tetap fokus pada keinginan
dan kebutuhan target mereka.
STRATEGI MARKETING – OFFLINE
Di
pasar sesungguhnya, prinsip strategis tidak jauh berbeda – fokus pada dimana
anda akan menemukan target anda, dan bagaimana anda akan mencapai tujuan anda.
Kunjungi
bazaar kerajinan setempat, khususnya di event-event sekitar hari besar. Siapkan
media promosi cetak seperti kartu nama atau leaflet yang akan anda sebar di
event-event potensial. Atau bergabunglah dengan perkumpulan sesama penjual,
atau setidaknya dorong terus promosi anda di media lokal.
Bertemu
dengan sesame penjual juga seringkali akan memberi and aide yang tidak
terbayangkan sebelumnya.
PANTAU HASILNYA
Penting
untuk selalu kembali mengulas rencana dan tujuan anda, cermati setiap
perkembangan bisnis anda. Dengan mempelajari apa yang berhasil dan tidak
sepanjang perjalanan anda, anda akan terus belajar dan melangkah maju. Pembelajaran
berharga ini yang akan memandu anda menetapkan strategi berikutnya tahun depan.
Dengan
sedikit waktu, usaha, dan imajinasi, strategi pemasaran apapun dapat
dioptimalkan untuk membantu mengembangkan usaha anda.
Comments
Post a Comment