Portfolio Strategis 1: Marketing Plan

MEMBUAT MARKETING PLAN SEDERHANA UNTUK BISNIS PERHIASAN

Marketing Plan adalah bagian penting dalam semua bisnis termasuk bisnis perhiasan. Baik dalam bisnis yang sudah berdiri tahunan atau baru dimulai, strategi pemasaran yang jelas akan membantu anda memahami pelanggan dan pesaing anda, serta merencanakan kegiatan promosi pada target penjualan anda. Sebagai tambahan, memahami kunci pemasaran strategis juga akan membuat bisnis anda semakin efektif dan efisien. Berikut beberapa tips sederhana dalam bisnis perhiasan.

MULAILAH DENGAN MENETAPKAN BEBERAPA TUJUAN SEDERHANA
Tulis dengan detil apa yang ingin dicapai bisnis anda tahun ini. Menaikkan penjualan hingga 30% atau 500 subscriber email? Apapun targetnya pastikan itu spesifik dan terukur. Ini juga bisa mengingatkan kita di masa mendatang apa saja yang menjadi pencapaian anda.

KENALI PESAING ANDA
Salah satu cara terbaik dalam strategi pemasaran adalah memantau pesaing anda. Gunakan mesin pencari untuk menyelidiki pesaing local terdekat anda. Catat sedetail mungkin semua kegiatan mereka. Apakah mereka punya mailing list? Bagaimana eksistensi mereka di media social? Kunjungi toko mereka, bagaimana tempatnya? Apa yang akan anda lakukan untuk membuat toko anda berbeda?

Kenali poin unik anda yang membedakan anda dari pesaing. Kemudian tentukan harga produk anda yang beralasan sebagai pembanding. Dengan menemukan ide pemasaran yang berhasil dari pesaing anda terkadang anda akan menemukan ide yang cocok untuk strategi pemasaran bisnis anda sendiri.

KENALI TARGET ANDA
Dalam lingkungan yang paling anda inginkan, siapa yang anda harapkan untuk membeli produk anda? Pelanggan biasa yang membeli produk anda? Gambarkan satu paragraf saja pelanggan prospektif yang anda inginkan, gunakan kriteria demografis seperti usia, jenis kelamin, keluarga, pendapatan, lokasi, dll. Ini yang dinamakan klien persona.

Dengan memahami pelanggan prospektif anda maka anda dapat:
• Fokus pada produk yang akan menarik mereka
• Menemukan mereka dan pasar ideal untuk memasarkannya
• Mencoba ide baru sesegera mungkin untuk menarik mereka

Dengan menulis secara pribadi melalui email atau website, anda dapat membayangkan target anda lebih jelas. Penawaran pun akan terasa lebih dekat dan efektif.

STRATEGI MARKETING – ONLINE
Pertanyaan pertama pada bisnis online anda adalah, dimana anda akan mendapat pelanggan yang sudah anda identifikasi. Langkah selanjutnya adalah menyusun rencana promosi yang akan membantu anda mencapai target yang telah ditetapkan. Pilih bahasa iklan yang mampu mewakili karakter bisnis anda agar sampai kepada calon pembeli yang berpotensi membelinya.

Yang termudah adalah membuat website baru atau memperbaikiyang sudah ada, atau gunakan channel ke komunitas seperti Etsy. Selalu ikutin perkembangan platform media social terbaru atau belajar kemampuan baru yang selama ini anda anggap sulit. Apakah sekarang adalah saatnya anda membuat mailist atau blog agar tetap eksis di benak pelanggan? Atau saatnya mengoptimalkan promosi video?

Apapun yang anda pilih, jangan coba semuanya sekaligus. Strategi marketing online yang berhasil adalah yang sederhana, menyenangkan, namun tetap fokus pada keinginan dan kebutuhan target mereka.


STRATEGI MARKETING – OFFLINE
Di pasar sesungguhnya, prinsip strategis tidak jauh berbeda – fokus pada dimana anda akan menemukan target anda, dan bagaimana anda akan mencapai tujuan anda.

Kunjungi bazaar kerajinan setempat, khususnya di event-event sekitar hari besar. Siapkan media promosi cetak seperti kartu nama atau leaflet yang akan anda sebar di event-event potensial. Atau bergabunglah dengan perkumpulan sesama penjual, atau setidaknya dorong terus promosi anda di media lokal.

Bertemu dengan sesame penjual juga seringkali akan memberi and aide yang tidak terbayangkan sebelumnya.

PANTAU HASILNYA
Penting untuk selalu kembali mengulas rencana dan tujuan anda, cermati setiap perkembangan bisnis anda. Dengan mempelajari apa yang berhasil dan tidak sepanjang perjalanan anda, anda akan terus belajar dan melangkah maju. Pembelajaran berharga ini yang akan memandu anda menetapkan strategi berikutnya tahun depan.

Dengan sedikit waktu, usaha, dan imajinasi, strategi pemasaran apapun dapat dioptimalkan untuk membantu mengembangkan usaha anda.

Comments

Popular posts from this blog

KOMPANY: A LEADER, LEGEND, AND A HERO

LA FIERA: HE'S IRREPLACEABLE!

CITY TILL I DIE!